Salam


Kamis, 02 Februari 2012

“Langkah untuk Sehat Lingkungan”

Tidak ada yang tidak tahu bahwa KERUSAKAN LINGKUNGAN sedang makin parah, dan TAK DAPAT dipungkiri kita sekarang mengalami akibatnya.
 Salah satunya yaitu produksi sampah. Menurut data Badan Pusat Statistik tahun 2007 menunjukkan, produksi sampah di 33 kota se-Indonesia mencapai 132.192 meter kubik per hari dan jumlahnya terus meningkat setiap tahun, dan salah satu penyumbang sampah terbesar adalah rumah tangga. Karena itu kita harus mengembangkan budaya kebersihan mulai dari keluarga. sumber
Dimulai dari diri sendiri lalu rumah sendiri, kita dapat mengurangi produksi dampah dengan cara-cara sederhana. Berikut ini beberapa caranya:
  • Belilah barang-barang dalam kemasan besar. Dengan begitu kita dapat mengurangi kemasan yang akan dibuang di tempat sampah
  • Sedapat mungkin kita menghindari pengguanaan kantung plastik. Disarankan jika kita akan berbelanja bawalah sendiri kantung plastik atau tas kain yang bisa digunakan berulang kali.
    Tahukah anda, jika platik merupakan PENYUMBANG terbesar pada sampah yang SANGAT SULIT terurai.
  • Dan untuk orang tua yang selalu menggunakan popok pada anaknya sesedikit mungkin dipergunakan. Dan juga produk sekali pakai yang lainnya juga. Karena setelah digunakan, semua produk itu hanya akan berakhir di tempat sampah.
  • Ada baiknya jika kita memilih produk yang mengandung material daur ulang. Yang biasanya berlabel panah segitiga berwarna hijau.
  • Sebaiknya berpikir panjang sebelum membeli barang baru. Pakaian , sepatu dan produk lain yang sering dikaitkan dengan "LAGI NGE-TREND" dapat membuat kita lebih konsumtif.
    "Berbeda antara KEBUTUHAN dengan KEINGINAN"
  • Alat elektronik yang rusak jangan langsung dibuang, adanya upaya perbaikan selian menghemat biaya, cara ini juga mengurangi sampah elektronik. Karena sampah elektronik termasuk sampah yang berbahaya bagi lingkungan.
  • Adanya kompos sendiri di rumah, merupakan ide yang sangat baik. Dengan mengumpulkan sampah organik seperti sisa potongan sayuran, kulit buah dan daun kering ke dalam wadah dan biarkan membusuk dan berbentuk seperti tanah. Bisa juga dibantu dengan bantuan cairan (EM4) Effectif Mikroorganism 4. Dalam waktu 2 minggu dapat dipanen dan digunakan untuk tanaman di pekarangan rumah anda.
    (sumber : Kompas, 2-2-2012).


    Dengan Mengunjungi ALAMAT klik disini (tapi jangan kuat-kuat) mungkin bisa membantu anda dalam menerapkan hal-hal diatas.

"Bukan karena kau orang Kaya makanya kau bisa hidup Boros dan Tak Perduli menganggap semua itu sepele,
Tapi kurangilah kesombonganmu itu dengan pedulikan sekitarmu, bahwa alam ini diciptakan untuk mu, segarnya sayur dan buah, serta nikmatnya daging dan ikan yang kau rasakan serta Keindahan alam, kesejukan udara, dan apa yang segala yang kau peroleh dari alam saat ini merupakan hasil dari jerih payah, pengorbanan serta usaha keras dari pendahulu kita. Namun, Jika tetap saja kau KOTORI dan TIDAK kau HARGAI….
tanyakanlah pada dirimu sendiri,
"Siapa yang lebih sombong?"
(MIHTbn,5212)

11. Dan bila dikatakan kepada mereka: "Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi"
Mereka menjawab: "Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan."
12. Ingatlah, sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang membuat kerusakan, tetapi mereka tidak sabar."
(QS Al-Baqarah;11-12)

3 komentar:

harap tinggalakan JEJAK anda,,,,,,